Selayang Pandang

Universitas Darul’Ulum memiliki luas bangunan fisik  30.000 m2, dari luas tanah  93.450 m2 yang dimiliki  Yayasan  Universitas Darul ‘Ulum.  Bangunan tersebut terdiri dari  Ruang Kuliah  9.684 m2, Gedung Program Pasca Sarjana 1.078,46 m2, Ruang Perpustakaan  1.078,46 m2,  Ruang Laboraturium 1.265,25 m2 , Ruang Administrasi  2.885 m2,  Auditorium  2.124 m2,  Ruang Koperasi  160 m2, Ruang Kegiatan Mahasiswa  88 m2,  Ruang Poliklinik  120 m2,  Lapangan Olah Raga  30.450 m2, Rumah Penginapan Dosen  432 m2, Masjid  dan Musholla 924 m2,  dan Ruang Dosen 1.028.46 m2 .

Fakultas Pertanian Universitas Darul ’Ulum Jombang adalah sebagai lembaga pendidikan yang berasal dari pendidikan pesantren tentunya mewarisi nilai-nilai kepemimpinan sebagaimana diajarkan dalam agama Islam seorang pemimpin harus  siddiq, tabliq, amanah, fatonah salah satu usaha yaitu telah dilakukannya distribusi beban tanggung jawab yang merata yaitu dengan otonomnya semua Jurusan program studi S-1 di Fakultas Pertanian Undar dalam mengelola dan mengembangkan prodi masing-masing sehingga adanya persaingan sehat untuk berbuat lebih baik sehingga setiap prodi mempunyai ciri khas masing-masing yang diunggulkan. Semua pemimpin ataupun bukan pimpinan mempunyai tanggung jawab sama untuk menjaga kesinambungan berjalannya roda organisasi di lingkungan Fakultas Pertanian, sesuai dengan amanah yang diembannya. Dan mempunyai hak yang sama untuk memajukan Fakultas Pertanian.

Prodi Agribisnis FAPERTA Undar berdiri pada 01 Agustus 1980 berdasar Surat Keputusan Ketua Yayasan Universitas Darul Ulum No :171/SK/YUNIV/IX/1980 dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 07/0/1985.Tanggal 18 Pebruari 1985 Prodi Agribisnis FAPERTA Undar  mempunyai visiMencetak lulusan sarjana Pertanian yang berjiwa wirausaha, mandiri yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang pertanian khususnya agribisnis sehingga mampu bersaing di kancah nasional  pada tahun 2015.Untukmencapai sasaran dan tujuan sesuai dengan visi dan misi, Prodi Agribisnis FAPERTA Undar menjaring calon mahasiswa dengan berbagai sistem rekruitmen.

Saat ini sistem rekruitmen calon mahasiswa dilakukan dengan secara obyektif berdasarkan tingkatan kriteria nilai ujian potensi dan Penerimaan Mahasiswa Berprestasi (PSB). Sebagian besar mahasiswa berasal dari Jombang, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Dalam aktivitasnya mahasiswa Prodi Agribisnis FAPERTA Undar diwadahi dalam Himpunan Mahasiswa Agribisnis pada tingkat prodi, dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) pada tingkat Universitas.

Dalam melaksanakan proses pembelajaran, Prodi Agribisnis FAPERTA Undar  berusaha menjaga jumlah dan mutu dosen agar tercipta sistem yang efektif dan efisien. Rasio dosen- mahasiswa mencapai 1:12,41. Komposisi pendidikan Dosen tetap terdiri dari S1 sebesar 64 % dan, S2 sebesar 36 %.

Untuk meningkatkan kualitas SDM, dosen tetap difasilitasi untuk melakukan magang atau melanjutkan pendidikan yang didanai oleh universitas atau sumber beasiswa lainnya. Disamping meningkatkan jumlah dan kualitas dosen Prodi Agribisnis FAPERTA Undar merancang kurikulum yang dikembangkan dengan memperhatikan isu-isu eksternal global maupun regional, potensi daerah serta isu internal. Untuk menunjang proses belajar mengajar yang efektif dan efisien Prodi Agribisnis FAPERTA Undar  didukung dengan prasarana yang cukup baik antara lain ruang kuliah, perpustakaan, ruang sidang, administrasi, auditorium, laboratorium, fasilitas internet, anjungan komputer dan fasilitas peribadatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s